Selamat Datang Di Blog Mesuji Tersenyum

AKSELERASI TERCEPAT


MEGAH: Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. bersama Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel (Inf.) Ibnu Darmawan yang didampingi Pj. Bupati Mesuji Ruswandi Hasan saat melihat miniatur perkantoran pemkab setempat di Kampung Sidomulyo kemarin.
MESUJI - Masyarakat Mesuji layak berbangga. Akselerasi pembangunan kantor Pemkab Mesuji paling cepat dibanding dua daerah otonomi baru (DOB) lainnya, yakni Pringsewu dan Tulangbawang Barat. Itu terbukti dengan sudah dimulainya proses pembangunan perkantoran Pemkab Mesuji. Target finishing-nya selama dua tahun terhitung peletakan batu pertama yang dicanangkan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. kemarin.  Pembangunan kantor pemerintahan itu dianggarkan menelan dana Rp55.718.394.000.
Pada tahap awal ini, Pemkab Mesuji mengalokasikan dana sebesar Rp4,4 miliar untuk membangun kompleks perkantoran di atas lahan seluas 34,7 hektare (ha). Lahan tersebut merupakan hibah masyarakat Sidomulyo, Nipahkuning, Sungaibadak, dan Wiralaga.
Dengan dimulainya pembangunan perkantoran Pemkab Mesuji, kabupaten yang baru berusia setahun itu telah menunjukkan kemajuan signifikan. Kabupaten ini mampu mengalahkan dua DOB lainnya, yang belum memiliki kantor definitif. Padahal, pembentukan ketiga DOB itu secara bersamaan disahkan Kemendagri beberapa waktu lalu.
’’Ini merupakan suatu kebanggaan sekaligus menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk menyukseskan pembangunan kantor Pemkab Mesuji sesuai harapan awal,” terang penjabat Bupati Mesuji Ruswandi Hasan kemarin.
Proses pembangunan perkantoran ini, lanjut Ruswandi, tidak mungkin dapat berjalan lancar tanpa peran serta dan dukungan berbagai pihak, baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan elemen masyarakat di Mesuji.
’’Sehingga, kantor pemkab ini mampu menjadi sarana pelayanan yang maksimal kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian sekaligus menjadi skala prioritas buat pemerataan pembangunan di Mesuji,” katanya.
Sementara, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. memberikan apresiasi terhadap progres pemerintahan yang dilaksanakan Pemkab Mesuji selama ini. ’’Saya juga angkat topi kepada warga yang sudah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan kantor pemkab. Ini sangat jarang dilakukan warga perkotaan,” ujar Oedin, sapaan akrab gubernur, saat memberikan sambutan kemarin.
Karena itu, sambung Oedin, pihaknya meminta Pemkab Mesuji lebih mengutamakan lima asas dalam pelaksanaan pembangunan perkantoran tersebut. ’’Harus tepat anggaran, sasaran, aturan, administrasi, dan waktu. Sehingga, proses pembangunan ini bisa terhindar dari persoalan hukum,” imbaunya.
Menurut Oedin, topografi lahan perkantoran Pemkab Mesuji cukup strategis. ’’Selain memiliki danau, letak lahan perkantoran berada di jalur segitiga. Harapannya, masyarakat lebih mudah mengurus keperluannya di pemkab,” tambahnya.
Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor Pemkab Mesuji dipercepat sehari. Sebelumnya, Gubernur dijadwalkan meresmikan pembangunan perkantoran pemkab setempat pada hari ini (17/7). Pelaksanaan tetap berjalan lancar, meski hujan terus mengguyur kabupaten tersebut sejak pagi. (gan/adi)

0 komentar:

Posting Komentar